Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 

PBN adalah singkatan dari Private Blog Network, sebuah jaringan blog yang digunakan untuk optimasi SEO. 

PBN bukanlah istilah baru di forum SEO karena dianggap sebagai langkah penerapan SEO off-page.

Meningkatkan lalu lintas situs web membutuhkan pengoptimalan SEO termasuk pembuatan tautan.

Nah, link building bisa dilakukan dengan menempatkan link/tautan yang mengarah ke halaman target di jaringan blog pribadi.

Membuat backlink ke beberapa PBN juga akan meningkatkan referral domain dan mempengaruhi ranking domain, memungkinkan landing page perlahan-lahan mengalami peningkatan SERP. Namun, jaringan blog pribadi pun kontroversial dalam proses pembuatan tautan karena dianggap memanipulasi mesin telusur.

Praktek PBN ini juga sering digunakan oleh sebagian pengguna, karena tidak bisa dipungkiri dampaknya terhadap situs cukup signifikan.

APA ITU PBN ?

PBN adalah jaringan beberapa website/blog yang digunakan untuk memasang backlink ke website utama.

Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk meningkatkan otoritas, sehingga situs web diindeks di halaman pertama mesin pencari dan dengan demikian secara otomatis meningkatkan lalu lintas situs web.

Optimalisasi link building dengan PBN sama dengan istilah link pyramid yang terdiri dari beberapa website/blog yang ditautkan dengan link (halaman utama) sebagai top.

Umumnya PBN menggunakan expired domain yang sudah diindeks oleh mesin pencari.

Dalam artian, PBN semacam itu sudah memiliki “fitur” untuk muncul kembali di SERPs dan siap ditautkan. Tidak semua expired domain bisa dijadikan PBN, karena ada kemungkinan Google telah menghukum expired domain karena mengandung konten yang melanggar aturan.

Semakin tinggi reputasi domain kedaluwarsa, semakin tinggi harga yang akan ditawarkan oleh situs jual beli domain seperti GoDaddy.

Juga, karena PBN adalah jaringan, diperlukan lebih dari satu situs untuk membentuk jaringan yang puncaknya mengarah ke situs utama (tujuan).

Tidak disarankan semua situs PBN memiliki konten yang sama dan ditautkan satu sama lain agar Google tidak mengidentifikasi ini sebagai pelanggaran.

Jika Anda tidak dapat mengatasi hal-hal seperti itu, Google akan dengan mudah mengetahui bahwa itu adalah pola yang mencurigakan.

Keuntungan PBN

PBN adalah situs yang hingga saat ini digunakan oleh banyak praktisi SEO untuk mengoptimasi website mereka terlepas dari semua kontroversi yang ada.

PBN dijadikan sebagai tempatnya backlink berkualitas untuk mendongkrak ranking website utama (money site).

Dengan penempatan keyword dan anchor yang tepat, serta reputasi domain PBN yang sudah baik, maka semua backlink yang keluar dari PBN tersebut memiliki kualitas yang baik.

Alhasil, website utama dapat meraih peningkatan trafik organik setelah mendapatkan backlink dari PBN.

Namun, backlink yang berkualitas tersebut tidak dapat terwujud apabila tidak dipadukan dengan konten yang juga berkualitas serta organik.

Anda tidak perlu mengharapkan backlink berkualitas dari PBN apabila konten pada PBN hanya mengambil dari orang lain (copy-paste).

Selain berkualitas, PBN juga dapat digunakan untuk membangun link sebanyak-banyaknya tanpa harus mengalami penundaan.

Pernahkah Anda mendengar jasa backlink? Penjual jasa akan memasang backlink ke website pelanggannya dan meminta tarif tergantung seberapa bagus blog yang ‘ditanami’ backlink.

Nah, biasanya banyak pemilik blog yang juga membeli backlink ini untuk dapat bersaing di SERP.

Jika memiliki PBN sendiri, sangat memungkinkan untuk dapat membangun banyak backlink sekaligus, sehingga Anda tidak perlu membeli backlink untuk bersaing di SERP seperti website lain.

Di samping itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan PBN adalah Anda bisa membuka jasa backlink berkualitas.

Risiko Menggunakan PBN

Karena PBN juga dianggap melanggar Pedoman Google Webmaster, ada beberapa risiko yang berpotensi terjadi, yaitu:

  • Terkena Penalti

Website justru akan terkena penalti dan berujung pada menurunnya ranking pada SERP karena telah dianggap memanipulasi mesin pencari dengan membuat banyak backlink.

Terlebih lagi jika Anda hanya mementingkan backlink tanpa memedulikan konten di website utama, risiko terkena penalti Google semakin besar.

  • Tautan Diabaikan

Risiko berikutnya adalah semua backlink yang ditanam di website PBN tidak akan dianggap natural oleh Google.

Akibatnya, backlink yang telah dibuat di PBN atau Anda membelinya di jasa backlink PBN tidak akan berpengaruh pada naiknya peringkat SERP.

Perlu Anda ketahui, sekarang ini search engine semakin pintar untuk mendeteksi segala bentuk kecurangan yang terjadi, setiap kali search engine mengetahuinya, maka Google akan segera bertindak.

  • Biaya yang Tinggi

Membangun PBN sama halnya seperti ketika Anda membuat blog atau website baru, yang mana Anda harus membutuhkan domain, hosting, sertifikat SSL, dan tentunya waktu serta tenaga untuk ‘menghidupi’ PBN tersebut.

Karena PBN umumnya memanfaatkan domain yang sudah expired, maka harganya dipastikan melebihi domain baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]